Sabtu, 24 Februari 2018

5 Kriteria Apartemen Jakarta yang Paling Digandrungi Kaum Milenial


foto hanya ilustrasi



Saat ini kebutuhan kaum yang dianggap penting bagi Milenial bukan lagi sekedar fashion, tapi tempat tinggal juga. Sebagian besarnya menggandrungi apartemen yang dianggap sebagai hunian modern, kekinian, dan sesuai dengan style mereka. Untuk apartemen Jakarta, kini sudah banyak sekali desain yang dibuat khusus memanjakan generasi ini.

Selain itu, dalam memilih hunian vertikal ini, mereka tidak asal beli. Meski mereka cukup antusias dalam membeli apartemen, dapat diketahui bahwa mereka memiliki kriteria tertentu dalam memilih apartemen. Lantas, apa saja kriteria apartemen idaman yang digandrungi kaum Milenial ini? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Nyaman Ditempati
Setiap pemilik rumah, dalam hal ini apartemen, tentu menginginkan hunian yang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal baik yang tinggal sendiri maupun berkeluarga. Apalagi untuk generasi Milenial yang kini tidak lagi hidup bergantung pada orang tua. Dengan memiliki apartemen yang nyaman untuk ditempati, maka mereka bisa sedikit merasakan suasana kampung halaman di apartemen barunya.

Selain itu, meski agak repot untuk naik turun, posisi apartemen yang sering jadi pilihan adalah lantai atas, khususnya di atas lantai 5. Karena, dari balkonnya mereka bisa menikmati view kota yang eksotik di malam hari tanpa perlu pergi keluar atau sengaja mencari gedung pencakar langit untuk menikmati pemandangan kota. Pemandangan khas kota yang menarik untuk dinikmati setiap hari.

2. Dekat dengan Fasilitas Umum
Kriteria kedua dalam memilih apartemen Jakarta adalah tingkat kestrategisannya. Selain dekat dengan fasilitas umum, kaum Milenial juga memilih apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kerja mereka atau lokasi apartemen yang dekat dengan lingkungan perkantoran.

Dengan cara ini, mereka bisa mencapai tempat kerja tanpa terburu-buru dan juga tanpa perlu ongkos yang banyak. Kemungkinan terjebak macet dan menghabiskan waktu lebih lama di perjalanan juga sudah jelas bisa dihindari. Selain itu, ada nilai hemat lainnya yang bisa diperoleh, yaitu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk menuju tempat kerja.

Tapi, meskipun dekat dengan tempat kerja, lokasi apartemen yang seharusnya dipilih juga tidak jauh dari jalan raya sehingga mudah untuk mengakses transportasi umum dan jika ingin bepergian ke lain tempat. Termasuk transportasi yang kekinian dan praktis yang umumnya bisa dipesan secara online.

3. Desain Modern atau Campuran Klasik
Kriteria ketiga ini sebenarnya tergantung pada kaum Milenial-nya sendiri sebagai pembeli. Ya, karena merekalah yang memegang sebagian besar peran dalam mengubah desain interior sekaligus furniture yang akan digunakan. Tapi, nyatanya, warna dasar dinding bawaan yang dierapkan juga amat memengaruhi minat mereka terhadap hunian vertikal ini.

Jadi, bagi yang menyukai gaya rustic, apartemen dengan dinding warna kayu, coklat, atau warna alami lainnya menjadi pilihan utama. Kemudian, gaya eclectic memilih furniture eksotik hippy penuh motif dan rumabi-rumbai. Begitupula dengan Bohemia dan Skandinavia yang bergantung pada pemilihan furniture yang akan menghiasi interiornya.

4. Sederhana tapi Memadai
Kriteria keempat dalam memilih apartemen Jakarta ini sebenarnya masih berhubungan dengan kriteria pertama. Tapi, kriteria ini lebih menekankan pada kemudahan dalam perawatan apartemen. Dengan memilih apartemen sederhana seperti tipe studio, loft, convertible, dan lainnya, maka makin mudah pula untuk membersihkan dan merawatnya.

Tapi, kaum Milenial tidak perlu memusingkan cara membersihkan saluran pembuangan atau sirkulasi udara, karena semuanya ini akan ditangani oleh pihak pengelola apartemen. Selain itu, keamanan juga terjamin karena setiap apartemen yang saat ini tersedia memiliki sistem keamanan terbaik 24 jam nonstop. Jadi, jika butuh bantuan, bisa minta tolong pada security.

5. Harga Murah
Sebenarnya, kepemilikan hunian mewah seperti apartemen sudah menunjukkan tingkat ekonomi seorang Milenian, apalagi jika dibeli secara cash. Tapi, harga murah tetap menjadi salah satu kriteria penting saat memilih apartemen. Mereka akan survei harga terelbih dahulu untuk kemudian disesuaikan dengan tipe, lokasi, dan fasilitas apartemen.

Sebenarnya, harga apartemen paling sederhana sekalipun, misalnya tipe studio, tetap saja mahal. Apalagi jika mengingat harganya yang hampir setara dengan rumah kavling/hunian horizontal (landing house) tipe minimalis. Harga satu apartemen studio dan rumah minimalis umumnya berada pada kisaran harga Rp150 juta.

Oleh karena itu, untuk memperoleh harga paling murah sekaligus tidak terlalu jauh dari pusat kota, lokasi apartemen di kota penyangga kerap dijadikan pilihan emas. Misalnya, untuk Milenian yang bekerja di ibukota, mereka lebih memilih hunian di daerah Depok dan sekitarnya yang berbatasan langsung dengan Kota Metropolis.

Nah, jika Anda tertarik tinggal di apartemen Jakarta, sebaiknya Anda juga berpedoman pada kelima kriteria tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan begitu, semakin besar peluang Anda untuk mendapat hunian nyaman yang benar-benar homie. Cocok pula diterapkan Anda yang masih sering mengalami home sick karena belum terbiasa jauh dari rumah.

0 komentar:

Posting Komentar