Sabtu, 10 November 2018

Mengenal Perbedaan Antara Air Conditioner dan Air Cooler dari Definisi, Cara Kerja serta Kelebihan dan Kekurangannya


Buat apa sih mengerti perbedaan antara air cooler dan air conditioner? Bagi Anda yang ingin membeli produk pendingin ruangan, pertanyaan di atas akan sangat berarti dan membantu Anda mendapatkan yang pas dan terbaik. Sebenarnya, produk pendingin ruangan saat ini bukan hanya air conditioner dan air cooler saja, tapi ada banyak lain macamnya. Namun karena peminat untuk air conditioner dan air cooler yang banyak, maka pembahasan akan lebih difokuskan pada kedua produk ini. Konsentrasi pada pembahasan ini juga dilatarbelakangi oleh munculnya istilah air cooler vs air conditioner yang berkembang di masyarakat.

Untuk mengetahui perbedaan AC dan air cooler, kita harus memahami detail keseluruhan masing-masing produk. Jadi di sini kita akan membahas definisi, cara kerja dan kelebihan serta kekurangan dari air conditioner serta air cooler. Pertama, mari kita membahas air conditioner atau sering disebut AC. Produk yang banyak dicari dan digunakan masyarakat ini memang merupakan perangkat yang sangat efektif untuk membuat suhu ruangan menjadi dingin seketika. 

Mengapa air conditioner dapat membuat suhu ruangan cepat dingin? Jawabannya adalah karena AC memiliki sistem kerja yang cukup komplit. Pada mulanya udara panas yang ada akan diserap oleh kipas. Nah setelah itu udara akan disalurkan ke kumparan yang mengandung beberapa senyawa seperti hidroklorofluorkarbon (HCFC), perfluorokarbon (FC) dan klorofluorkarbon (CFC). Dari sinilah terjadi konversi yaitu proses kondensasi yang mengubah udara yang panas menjadi dingin. Menariknya suhu udara dingin yang telah dihasilkan oleh air conditioner ini tadi bisa atur tingkatannya sesuai selera. Jadi dari sini bisa dikatakan air conditioner adalah perangkat elektronik yang bekerja dengan cepat mendinginkan ruangan dengan fitur pengaturan yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Setelah mengetahui definisi dan cara kerja air conditioner, mari sekarang kita simak beberapa kelebihan dari perangkat pendingin ini. Kelebihan AC antara lain :

    Lebih cepat mendinginkan ruangan yang panas.
    Udara dingin yang dihembuskan sangat terasa dan paling baik dibanding produk pendingin ruangan lainnya.
    Tingkat temperatur suhu bisa diatur sesuai selera.
    Bisa ditempatkan di ruangan tertutup dan tak terpengaruh oleh kelembaban.

Meski terbilang banyak hal yang menarik pada perangkat AC ini, namun kenyataannya, air conditioner juga menyimpan beberapa kekurangan. Nah berikut ini adalah beberapa kekurangan dari air conditioner :
    Harga belinya terbilang paling mahal dibanding produk pendingin ruangan lainnya.
    Tidak bisa dibersihkan atau dirawat sendiri, karena rumit maka dibutuhkan jasa ahli service AC tersendiri.
    Membutuhkan listrik besar sehingga memabuat tagihan bulanannya membengkak.
    Sulit untuk dipindah-pindahkan karena saat pemasangannya bersifat permanen.

Berikutnya mari kita bahas apa itu air cooler. Walau bernama air cooler, namun dilihat dari kegunaannya secara umum, air cooler ini bukan mendinginkan udara, tapi meningkatkan kelembaban udara. Dengan memanfaatkan air dingin atau air es yang ada di tangki, air cooler pun bekerja mengubahnya menjadi uap air yang kemudian dihembuskan ke ruangan. Dari sini maka kelembaban udara pun dana membuat ruangan terasa sejuk.

Sama seperti air conditioner, air cooler juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah maka dari itu mari sekarang kita bahas bersama kelebihan dan kekurangan dari air cooler. Pertama, kita bahas dulu kelebihan air cooler yaitu :

    Bersifat portabel, sehingga lebih mudah untuk dipindah-pindahkan.
    Harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga Air Conditioner (AC).
    Biaya pemakaian listriknya lebih hemat dibading air conditioner.
    Mudah dirawat dan murah biaya perawatannya karena bisa dilakukan sendiri.

Namun demikian, air cooler tetapkan sebuah produk yang juga mempunyai beberapa kekurangan atau kelemahan. Berikut kekurangan air cooler :
    Hanya mampu meningkatkan kelembaban udara.
    Tidak bisa digunakan terus-menerus karena ada air dingin di dalam tangki yang harus diisi ulang jika habis.
    Untuk menyejukkan ruangan, air cooler terbilang lambat dibanding air conditioner.
    Tidak bisa diletakkan disembarang tempat karena harus di tempatkan di ruang yang memiliki sirkulasi baik. 

Demikianlah informasi mengenai perbedaan air cooler dan air conditioner. Dari informasi ini semoga Anda bisa mengerti apa bedanya air cooler dan air conditioner sehingga kemudian lebih bijak saat akan membeli produk pendingin ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar